Senin, 10 Februari 2014

Review Seoulmate by Lia Indra Andriana






Judul Buku : Seoulmate
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal Buku : 300 halaman 

                           "Harapan… itulah yang membuat kita bisa menggapai apa yang kita inginkan. Sebuah harapan dan kepercayaan." 



      Kisah ini tentang suatu organisasi yang bernama "SeoulMate". Di dalam “Seoulmate” terdapat istilah soul dan mate. Soul untuk para hantu dan mate untuk orang yang menjaga mereka. Di dalam novel ini dikisahkan seorang gadis bernama Kim Sun. Sejak kakaknya meninggal, Sun memiliki kemampuan khusus yaitu dapat melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Novel ini mengingatkanku pada kisah Arang, yaitu sebuah legenda yang berasal dari Miryang, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Namun, penulis mampu menciptakan fantasi sendiri dalam cerita.

      Sun yang mendapat tawaran untuk menjadi seorang Mate, awalnya menolak keras. Ia sangat membenci kemampuannya melihat makhluk halus. Akan tetapi, suatu hal memaksanya untuk menerima pekerjaan itu; karena dengan menjadi Mate ia bisa menemui seseorang yang sudah lama ia cari-cari. Saat Sun menjadi anggota SeoulMate, ia bertemu dengan hantu yang akan menjadi pasangannya. Seorang hantu tak bernama karena tidak mempunyai ingatan yang kemudian diberi nama Jang.  

           Bagian favoritku, ketika mereka mampu menyelesaikan proposal-proposal dari para klien yang terkadang tidak dapat ditangkap oleh nalar. Lia Indra Andriana menuliskannya dengan bahasa yang mengalir. Masing-masing tokoh memiliki karakter sendiri dalam perannya. Aku suka dengan karakter Arang. Membaca novel ini membuatku terbawa dalam suasana Korea, karena detail tempatnya digambarkan dengan baik. Di novel ini juga menggunakan bahasa Korea, berhubung penulis pernah studi di Korea. Daebak for mba Lia, I like your novel. Whatever you write, I love it!

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar